Leave a comment

Semar Vi Pembentuk Mindset Tertib Lalu Lintas

PKM-KC Smart Detection Marka Violato (Semar Vi)

Semar Vi – Sebuah karya inovasi mahasiswa Teknik Elektro ITNY. Ide kreatif yang lolos pendanaan PKM-KC yang diselenggarakan oleh Ristekdikti 2019. Alat yang dirancang untuk membentuk mindset tertib berlalu lintas di jalan raya. Terutama saat berhenti di area persimpangan traffic light.

Semar Vi sendiri kepanjangan dari Smart Detection Marka Violato. Diketuai oleh Dimas Sapri Nugroho (310016084) yang beranggotakan Dedy Ariyanto (310016002) dan Arriski Karindra (310016024). Tim ini dibimbing oleh Bapak Arif Basuki, S.T., M.T.,. Menurut Dimas, Semar Vi akan berguna membentuk mindset tertib berlalu lintas, membantu pemerintah terutama dinas perhubungan untuk mengatur lalu lintas agar pengendara tidak melanggar batas marka.

Prinsip kerja Semar Vi berada pada kamera. Kamera akan mendeteksi garis marka pembatas pemberhentian kendaraan di persimpangan. Apabila garis tertutup, dikarenakan ada kendaraan yang menghalangi, maka akan diberikan sebuah instruksi berupa suara kepada pengendara untuk menggeser posisi ke ruang yang tersedia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *