Leave a comment

Tespen (Dasar Elektro)

TESPEN

Penguji Arus Listrik (Electrical Test Pen) adalah peralatan pengujian yang biasa digunakan oleh teknisi listrik. Ia digunakan untuk memeriksa secara cepat apakah kabel listrik itu memiliki listrik atau tidak.

Test pen biasanya dirancang dalam bentuk obeng. Ujung alat penguji ini perlu disentuh pada bagian konduktor pada kabel listrik dan lampu indikator di dalam test pen tersebut akan menyala jika kabel tersebut memiliki listrik

Maksudnya adalah apakah terdapat tegangan listrik atau tidak, contohnya pada stop kontak atau kabel listrik. Seringkali kita tertukar antara tespen dan obeng minus, karena bentuknya yang mirip.

(gunakan tespen hanya untuk membuka baut / sekrup yang ringan agar terhindar dari kerusakan, selebihnya sebaiknya gunakan obeng minus yang sebenarnya)

Cara Kerja Obeng Test Pen

Test pen bekerja berdasarkan rintangan antara badan manusia dengan bumi. Badan manusia akan bertindak sebagai penghalang, di mana arus listrik akan melalui badan manusia untuk kembali ke bumi. Arus tini tidak berbahaya bagi manusia karena nilainya terlalu kecil.

Jika dilihat dengan seksama pada bagian dalam test pen, ada satu karbon hitam yang dipasang pada lampu indikator. Karbon tersebut bertindak sebagai penghalang bernilai besar untuk mengecilkan nilai arus yang melalui tubuh manusia.

 

Rangkaian Tespen

Rangkaian Tespen adalah alat yang di gunakan untuk mengecek atau pun mengetahui ada tidaknya suatu tegangan listrik. Rangkaian Tespen berbentuk obeng yang memiliki mata minus (-) berukuran kecil pada bagian ujungnya. Tespen juga memiliki jepitan seperti pulpen sebelumnya dan di dalamnya terdapat led yang dapat menyala sebagai indikator tegangan listrik.

Tespen juga di kategorikan alat untuk mengetahui ada tidaknya suatu benda, mesin dan sebuah rangakain listrik akan ada daya listrik atau tidak. Di dalam tespen ada komponen berupa mata obeng, peer dan lampu induktor. Apabila lampu induktor yang terdapat di dalam tespen menyala berarti ada listrik dalam benda yang kita tes. Di zaman terdahulu orang banyak menggunakan lampu yang di hubungkan dengan dua buah kabel sebagai pengganti tespen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *